Entri Populer

Senin, 26 Desember 2011

5 Manfaat Metode Peta Pikiran

    Ketika seseorang akan menuangkan pikiran, kita berusaha mengatur segala fakta dan hasil pemikiran dengan cara sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan dari awal. Sebenarnya kita dapat menuangkan pikiran dengan cara masing-masing. Banyak orang kesulitan ketika berusaha mengingat kembali apa yang sudah didapatkan, dipelajari, direkam, dicatat atau yang dahulu pernah diingat. Dan beberapa orangpun mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, atau ketika mengerjakan tugas. ini terjadi karena catatannya hilang atau ingatannya belum teratur.

    Disaat saya mengikuti seminar IGI di Purwakarta, 26 Desember 2011 tentang "Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran" salah seorang Pembicara Menjelaskan tentang Manfaat Metode Peta Pikiran ternyata sangat banyak loch manfaat yang didapat dari peta pikiran itu

Apa Saja Manfaat Peta Pikiran?
     Peta pikiran memberikan banyak manfaat, yaitu :
  • Lebih memudahkan mengingat fakta dan angka
  • Membebaskan imajinasi dalam menggali ide-ide secara kreatif
  • Membantu berkonsentrasi
  • Membantu otak berfikir secara teratur dan menghemat waktu
  • Proses belajar akan terasa lebih mudah
     Peta pikiran sangat berguna dalam menjabarkan atau menemukan ide-ide dalam menulis, Dalam membuat tulisan langkah pertama ketika kita ingin membuat tulisan adalah menuliskan tema utama sebagai titik tengah dan memikirkan cabang-cabang yang keluar dari titik tengah tersebut dan mencari hubungan antara tema turunan. itu berarti setiap kali kita menulis tentang suatu hal kita fokus diarahkan pada tema utamanya dan mencari hubungan pada setiap poin. Dengan cara ini maka kita bisa mendapatkan gambaran hal-hal apa saja yang akan kita tulis.

Jika peta pikiran sudah kamu buat, kamu mulai bisa menuangkan
semua ide yang sudah digali dalam peta pikiran
untuk membuat karangan
mudah kan? Ayo coba.




 SEKARANG GILIRAN KAMU.....!!!!!
Tentukan topik utama tulisanmu. Buatlah peta pikirannya, lalu kembangkan ide-ide dalam peta pikiranmu dalam tulisan. semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Untuk Ikatan Guru Indonesia Sukses selalu,,,,,,,,,,,,,,




Tidak ada komentar:

Posting Komentar